Home PUBLIK Produser Maulana Ramli Akan Menggarap Film History Siri Na Pacce Bugis Makassar.

Produser Maulana Ramli Akan Menggarap Film History Siri Na Pacce Bugis Makassar.

131
0
SHARE
Produser Maulana Ramli Akan Menggarap Film History Siri Na Pacce Bugis Makassar.

MakassarGlobal.com - Gowa - Film History atau sejarah adalah jenis film yang mengandung cerita masa lalu sesuai dengan kejadian dan peristiwa yang telah menjadi sebuah sejarah. Namun, tidak semua history sebuah budaya atau kebiasaan sebuah kelompok dapat mudah diangkat dalam sebuah film.

Salah satunya, cerita budaya yang ada di Sulawesi Selatan yaitu siri na pacce. Dimana siri na pacce mengandung arti yang sangat dalam bagi masyarakat sulawesi selatan terkait tentang harga diri atau kehormatan seseorang.

Produser sekaligus sutradara film, Maulana Ramli menjelaskan, jika Dirinya akan menggarap sebuah film history. Dimana akan mengangkat cerita masyarakat lokal sulawesi selatan 'siri na pacce' yang sebelumnya belum pernah diangkat dalam sebuah film. Pasalnya siri na pacce merupakan hukum adat yang sangat di sakralkan bagi penduduk sulawesi selatan sendiri.

"yaa harapan kami kedepannya kita kan mengangkat budaya atau adat yg selama ini orang susah untuk memfilmkan untuk itu Pranala Production & Rafaiz Organiser akan mencoba untuk membuat film dan mangankat nama daerah kabupaten Gowai, ujar Maulana saat ditemui di ruang Studio miliknya Jumat (24/12/2021).

Ia menjelaskan,"siri na pacce" itu artinya sangat tinggi sekali. Bisa diartikan sebagai harga diri, kehormatan, dan sebagai rasa malu yang terlalu tinggi sekali

"maka itu saya mencoba ingin mengungkapkan dalam bentuk film karena selama ini belum ada itu," ucapnya.

Ia mengaku Untuk membuat film tersebut tidak mudah. Pasalnya, harus didasari sebuah penelitian yang lebih matang dan tentunya akan meminta masukan dari para budayawan lokal, sastrawan, dan tokoh adat kerajaan Gowa.

Untuk itu Produser Maulana Ramli dengan jenggot yang khas itu mengatakan akan membuat alur sebuah film dengan akhir yang menyenangkan yang nantinya berguna bagi para penonton yang menyaksikan film tersebut.semoga dalam penggarapan nantinya tidak ada kendala yang menghalang.bersambung"

Redaksi :