Makassarglobal.com – Gowa – Bertempat di Museum Ballak Lompoa kebanggaan Masyarakat Gowa, Jumat 09-September-2022 Kepala Dinas pariwisata Kab. Gowa mendapat kunjungan dari Rektor UNHAS dan Civitas yang diterima di Ballak lompoa. Kunjungan ini dalam rangka Dies Natalis unhas yg ke 66 tahun 2022.

Sebelum tiba di Ballak lompoa, Rektor Unhas dan civitas mampir Ziarah di Makam Sultan Hasanuddin sebagai pahlawan Nasional yang bergelar Imallombasi Daeng Matawang Karaeng Bontomangape Sultan Hasanuddin Tumenanga riballak pangkana Raja yang mewarisi tahta yang ke 16.

Menurut Rektor Unhas prof. DR. Ir.Jamaluddin dalam kesempatan itu bahwa ” UNHAS bagian dari akar sejarah Kerajan Gowa yang tak terpisahkan. Rencana UNHAS akan membangun Museum yang Mirip Ballak Lompoa. tentu kami akan menjalin kerja sama dengan Dinas pariwisata Kab. Gowa yang banyak tau tentang nilai nilai kesejarahan Sultan Hasanuddin, koleksi benda benda bersejarah yang akan melengkapi Museum Ballak lompoa yang merupakan duplikat Ballak lompoa yang ada disungguminasa ini” ucapnya

Dalam kesempatan itu beliau mengutip dari Ucapan Bung Karno “JAS MERAH ” akronim jadi Jangan lupakan Sejarah. Berarti merah adalah simbol simbol kesejarahan dari kerajaan Gowa. Bagian dari simbol yang ada dan kami pakai saat ini yaitu Jas Merah, yang juga merupakan simbol semangat perjuangan Sultan Hasanuddin. Beliau juga menyampaikan bahwa yang hadir saat ini bersama kami rombongan Civitas tertinggi di Unhas semua hadir dikesempatan kunjungan ini.

Kesempatan dalam penyambutan itu diawali tarian ‘Kurru Sumanga’ Sebagai simbol sambutan kehadiran Rektor dan rombongan.

Andi. Tenriwati Tahri,S.Stp selaku pemegang Kuasa pada dinas kepariwisatawan Kab. Gowa merasa bangga dan mengucap terima kasih atas Kunjungan Rektor UNHAS bersama Civitas tersebut ke Kab. Gowa terkhusus ke Museum Ballak lompoa disungguminasa Kab Gowa. Beliau juga merasa ada hubungan emosional karena beliau juga Alumni UNHAS. Mewakili pak Bupati beliau meminta maaf karena tidak bisa hadir dalam kesempatan tersebut.

Turut memberi selayang pandang yaitu koretor Ballak lompoa Drs Jupri tenri Bali Deng Pile. menurutnya Sejarah kerajaan Gowa tidak terlepas dari Tumanurung Bainea sebagai raja Gowa Pertama yang dipersunting oleh Bajoe yang juga turunan raja, yang berasal dari kab. Wajo.

Benda benda yang paling istinewa diantaranya peninggalan sejarah kerajaan Gowa yaitu Mahkota Emas penberian dari Raja Inggris yg bernama “SALOKOA”. Kesempatan mengelilingi Musium dengan penjelasan yang dipimpin lagsung oleh Koretor Museum Jupri deng Pile.

Rombongan Rektor diberi kesempatan melihat Diorama yg terpajang didinding museum ballak lompoa dan beberapa benda benda bersejarah lainnya seperti pakaian Adat Tombak,serta Badik yg usianya rata rata ratusan tahun.
Akhir dari kunjungan itu Rektor UNHAS dan civitas merasa berterima kasih. atas penyambutannya Oleh Kepala Dinas Pariwisata Kab Gowa Menutup kunjungan tersebut.

D²N.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here