Makassarglobal.com – Takalar – Kurang lebih berjumlah 44 lembaga Adat di Kabupaten Gowa. yang terhimpun dalam lembaga ada kerajaan Gowa.menyatuh dalam kebersamaan.menggalang solidartas dalam memperingati kelahiran Baginda Rasulullah SWA.
Hari jumat tanggal 21 -10-2022.

Maulid memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW.dengan bersimbol Maudu Adaka riGowa.adalah bukti eksisnya lembaga lembaga adat di Gowa dalam mempertahankan Budaya dan tradisi.serta peringatan kelahiran Manusia yang begitu sempurna keberadaannya dimuka Bumi ini.

Turut meramaikan acara tersebut adalah para Karaeng, para Datu. yang merupakan kerajaan tetangga kerajaan Gowa.

Dalam laporan Panitia maudu adaka riGowa.dalam hal ini sebagai ketua pelaksana.Andi Achmad Patta serang dalam laporannya.keberhasilan pekaksanaan Maudu Adaka. ri Gowa. adalah adanya
saling kerja sama antar lembaga adat yg ada dibawa naungan kerajaan Gowa.sehingga tercipta harapan yang dinginkan.

Dalam kesempatam itu turut hadir DR.Adnan Purichta Yasin limpo,SH.MH selaku mewakili masyarakat kabupaten Gowa dan pemerintah Kab. Gowa.

Beliau mengatakan sinergitas lembaga lembaga adat dan pemerintah. harus saling mendukung kerja sama yang harus terjalin dengan baik demi terwujudnya kesuksesan bersama.

melengkapi sambutan belia.iamenitip sifat sifat nabi yg wajib dan harus ditoladani masyarakat Gowa.yaitu. Siddiq atau Cerdas,Amanah atau dipercaya,Tabliq menyampaikan,Fatonah atau cerdas.jika sifat sifat ini termiliki maka insya Allah keberhasilan pembangunan diGowa akan terbangun secara baik.

Dalam kesempatan itu pula Paduka yang Mulia.Andi Kumala Idjo karaeng lembang parang.
menghaturkan banyak terimak kasih terutama kepada Permaisyuri yang mulia Andi Hikmawati Kareng Bainea.yang tidak kenal lelah dan melakukan kerja sama. memberi support kepada lembaga lembaga adat Kerajaan yang begitu solid dalam melakukan kegiatan Maudu Adaka ri Gowa.
dalam kesempatan itu Karaeng lembang Parang.akan memberi.ucapan terima kasih dakam bentuk piagam kepada seluruh lembaga lembaga Adat.

Dalam kesempatan yang ada. Maijend Andi Muhammad Bau sawa mappanyukki SH MH mantan Panglima kodam IV Hasanuddin.yg juga bagian pemangku ada kerajaan Gowa.mengatakan jalin kerukunan yg baik.saling menjaga kehormatan dan jujung tinggi ada istiadat Gowa sebagai bagian dari pemersatu bangsa.

Acara maudu Adaka ri Gowa. melengkapi seluruh ranngkai acara tersebut.dirangkaikan Cerama Maulid oleh Ustaz. Drs.Abdul Halim puang paggo.
Sebelumnya ada lantunan Sinrilik.yang merupakan bercirikan budaya Masyarakat Gowa.dan dibalut dengan Barasanji.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here