MAKASSAR – MakassarGlobal.com – Dalam rangka meningkatkan kinerja pengawasan tahapan Pemilu. Panwaslu Kecamatan Galesong Selatan mengikuti konsolidasi Tahapan Pemilu yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Takalar, 23 November 2022 di Hotel Arthama Makassar.

Kegiatan yang melibatkan stakeholder Forum Awas Desa, Pemantau Pemilu PMII Takalar, HMI Takalar, Kohati Takalar, KPI Takalar, IMM Takalar ini bertujuan memperkuat keterlibatan masyarakat dalam melakukan pengawasan pemilu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Takalar, Ibrahim Salim, SS.SH,MH mengatakan tahapan yang sedang berlangsung adalah tahapan verifikasi faktual perbaikan partai politik dan pembentukan PPK dan PPS oleh KPU serta tahapan selanjutnya adalah penetapan dapil dan daftar pemilih.

“Di tahapan ini, kami meminta para Panwaslu Kecamatan dan para stakeholder memperkuat koordinasi kelembagaan bersama dalam melalukan pengawasan setiap tahapan” Ujar Ibrahim Salim.

Sementara itu Ketua Panwaslu Kecamatan Galesong Selatan, Abdul Salam juga mengatakan dengan ikutnya para pimpinan panwaslu kecamatan dalam konsolidasi ini, dapat menambah pengetahuan pengawasan baik diinternal para pengawas pemilihan umum dan stakeholder yang terlibat.

Dengan itu, panwaslu kecamatan dan para stakeholder dapat bekerjasama atau berkolaborasi melakukan pengawasan sehingga dapat terwujud pemilihan sebagaimana yang diharapkan undang-undang.

“Kita berharap dengan adanya peran masyakarat atau stakeholder di setiap kecamatan, pelanggaran-pelanggaran pemilu dapat dicegah” Pungkas Abdul Salam.

Konsolidasi Pengawasan Tahapan Pemilu ini dilaksanakan selama dua hari, Rabu-Kamis 23-24 November 2022. (Rustam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here